MANUSIA PURBA INDONESIA

9 Feb 2012

manusia-purbaSejak abad ke 18 para peneliti Palaeoantropologi dari luar negeri tertarik untuk mengadakan penelitian manusia purba di Indonesia, sebab mereka beranggapan bahwa manusia purba itu hidupnya di daerah tropis. Oleh karena perubahan iklim sepanjang sejarah tidak banyak.

Indonesia juga memegang peranan penting dalam temuan manusia-manusia purba dan Indonesia mewakili daratan Asia sebagai tempat yang kaya dengan temuan manusia purba.

Fosil-fosil manusia purba yang pernah ditemukan di Indonesia antara lain :

1. Meganthropus palaeojavanicus(Manusia raksasa dari Jawa yang hidup pada zaman palaeolithikum/batu tua). Ditemukan oleh Von Koenigswald pada tahun 1936 dan 1941 di Desa Sangiran sekitar Lembah Bengawan Solo.

2. Pithecanthropus erectus (Manusia Kera yang berjalan tegak) ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890 di Trinil Lembah Bengawan Solo. Pithecanthropus ini diperkirakan hidup pada dua setengah juta sampai satu setengah juta tahun yang lalu. Jenis pithecanthropus yang ditemukan di Indonesia, antara lain:pithecantropus erectus

A. Pithecanthropus mojokertensis (manusia kera dari Mojokerto) ditemukan oleh Von Koenigwald pada tahun 1936 di Pucangan sebelah utara Perning dan Mojokerto. Jenis Pithecantrhopus mojokertensis ini merupakan yang tertua yang hidup antara dua setengah hingga satu sepermpat juta tahun yang lalu.

B. Pithecanthropus robustus (Manusia kera yang besar dan kuat tubuhnya. Ditemukan oleh Von Koenigswald pada tahun 1936 di Lembah Bengawan Solo.

C. Pithecanthropus soloensis (Manusia Kera dari Solo). Ditemukan oleh Von Koenigswald, TerHaar dan Oppenorht antara tahun 1931-1934 di Ngandong Kabupaten Blora.

3. Homo Wajakensis ( (Manusia yang ditemukan oleh E. Dubois pada tahun 1889 di Wajak dekat kota Tulungagung di Lembah sungai Brantas. Manusa ini hidup antara 25.000-40.000 tahun sebelum masehi.

4. Homo Sapiens (Manusa Cerdas) jenis manusia ini sudah lebih sempurna lagi yaitu seperti keadaan manusia sekarang. (Sejarah Untuk SMP I)


TAGS sejarah Sejarah Manusia manusia purba manusia purba indonesia Manusia Indonesia Sejarah Indonesia


-

Author

Follow Me