Apaa…. Rambutan Punah?..

14 Nov 2010

Ada apa ini?,, pertanyaan yang menyisakan dalam benak ketika sampai bulan November ini pohon rambutan tak kunjung memperlihatkan putik bunganya juga. Rambutan yang nota bene buah asli tropis ini, hidup di dataran sedang pulau-pulau dengan iklim tropis. Oleh karena itu ada yang mengatakan bahwa rambutan adalah buah asli asal Indonesia, namun untuk hal ini perlu pengkajian lebih lanjut. Yang akan kita bahas kali ini ialah kenapa musim rambutan tahun ini seolah tak terdengar rimbanya?..

Rambutan di Indonesia khusunya Jawa barat, biasanya berbuah antara oktober-Januari, dimana putik bunganya muncul bulan agustus atau September. Namun tahun ini buah rambutan tidak tampak. Mungkin untuk setiap pohon hanya sedikit saja yang berbuah, itu pun tidak lebat buahnya, bahkan kebanyakan pohon-pohonnya tidak berbuah sama sekali. Menurut analisis yang dilakukan oleh tim peneliti Orang Jaman Baheula Dayeuh, yaitu emak saya. Beliau mengatakan bahwa hal yang menyebabkan pohon rambutan tahun ini tidak berbuah ialah karena curah hujan yang begitu tinggi, dimana biasanya antara april September adalah musim kemarau, namun untuk tahun ini selalu diguyur hujan. Hal ini menyebabkan pohon-pohon rambutan enggan untuk menampakan bunganya. Berikut hasil wawancara saya bersama ahlinya:

A: kenapa tahun ini rambutan tidak banyak, bahkan sepertinya dipasaran juga tidak ada?

B: hmmm.. iya juga yaa.. boleh jadi curah hujan yang tinggi menyebabkan bunga-bunga rambutan tidak bisa menampakan diri.

A: hihihiii.. sok tahu, dari mana itu landasannya

B: kamu teh kemana aja, Ibu ini kan peneliti cuaca dan gejala alam

A: Oooo.. tapi ada satu-dua pucuk yang berbuah, itu kenapa?

B: itu dikarenakan pucuk yang berbuah, merupakan pucuk unggulan, dimana seluruh energi dan sari pati pohon dikerahkan ke arah pucuk yang berbunga tersebut

A: ooo.. begitu,, aich jadi tambah lieur

B: ikutilah gerakan alam, kelak kau akan mengetahuinya

A: Siaaappp

Yaapp.. berikut hasil wawancara saya dengan ahli cuaca, yang instingnya melebihi BMKG.

apakah ini bertanda buah rambutan hendak meninggalkan bumi raya Indonesia ini, buah rambutan Punah?…


TAGS issue


-

Author

Follow Me