subject

30 May 2010

  • Accounting

Tentang Akuntansi

Akuntansi adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang pencatatan, pengakuan dan pelaporan segala macam transaksi ekonomi.

accountingpic1Tujuan dari pencatatan transaksi ekonomi adalah untuk dokumentasi dan menghindari kemungkinan penyalahgunaan serta sebagai bukti telah terjadi transaksi. Dengan dicatat dan didokumentasikan apabila kita lupa maka akan bisa ingat dengan melihat dokumen tersebut. Pelaporan akuntansi berbentuk laporan keuangan. Laporan keuangan ini terdiri dari neraca, laba rugi, arus kas (secara teori). Sedangkan laporan keuangan dalam prakteknya ada tambahan catatan laporan keuangan, penjelasan dan analisis keuangan.

Prinsip utama akuntansi adalah keseimbangan. Sisi kiri dan sisi kanan harus sama. Sisi kiri dan sisi kanan dalam akuntansi disebut debet dan kredit. Contohnya, misal anda ingin memulai usaha. Anda mempunyai uang 10 juta untuk modal usaha. Dalam akuntansi pencatatannya adalah pada sisi debet kas 10 juta dan pada sisi kredit modal 10 juta. Jika misalnya anda ingin menambahkan modal dengan meminjam uang ke pihak ketiga. Misalnya pinjamannya 5 juta. Catatan akuntansinya menjadi kas 15 juta dan sisi kredit ada hutang 5 juta dan modal 10 juta. Dan seterusnya, setiap transaksi harus mempunyai rekening penyeimbang.

Rekening adalah nama untuk mewakili sebuah transaksi. Misalnya transaksi penjualan secara tunai maka nama rekeningnya adalah kas pada sisi debet dan penjualan pada sisi kredit.

Tujuan akhir dari akuntansi adalah dihasilkan suatu laporan keuangan. Dari laporan keuangan tersebut diharapkan perusahaan atau organisasi bisa mengambil keputusan strategis, mengetahui kinerja perusahaan dan sebagai bentuk laporan kepada pemegang saham atau pemilik perusahaan. Laporan keuangan bersifat histories. Artinya, laporan tersebut dibuat dari hasil usaha masa lalu. Misalnya laporan keuangan 2006, maka laporan tersebut berasal dari hasil usaha Januari s/d desember 2006.

Efektifkan ?

sumber : http://catatan-akt.blogspot.com/2007/08/tentang-akuntansi.html

nh klo yang mo unduh file jurnal


TAGS


-

Author

Follow Me